330218-P9LKAR-983

5 Tips Hemat dalam Berlibur

By Bayarin I 14 Maret 2020 I

Kadang kita sering mikir – mikir buat liburan karena bakal ngabisin uang yang begitu banyak. Namun kegiatan berlibur menjadi sesuatu hal yang baik dilakukan agar dapat me-refresh diri kita dan keluarga. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat berlibur. Berlibur juga menjadi sarana dalam mendekatkan dengan keluarga atau kerabat. Berlibur dengan keluarga atau kerabat menjadi salah satu hal yang menyenangkan dilakukan. Tentu hal tersebut membutuhkan perencanaan keuangan dalam berlibur. Untuk itu kami akan memberikan  beberapa tips dalam berlibur agar hemat dan terukur.

1. Membuat anggaran keuangan saat akan berlibur.

Hal – hal yang sering terlupakan adalah merencanakan berapa budget yang akan dikeluarkan untuk berlibur. Jangan sampai anda tidak membuat budget untuk berlibur. Itu akan membuat liburan anda menjadi boros. Membuat anggaran keuangan adalah agar anda mengantisipasi dan dapat memprediksi uang yang akan dikeluarkan saat berlibur nanti. 

Jika anda sudah memiliki beberapa referensi untuk menginap nah mulai masukan anggaran untuk penginapan. Dan buat opsi lain dengan harga yang relatif murah agar jika nanti terjadi kemungkinan lain seperti penginapan itu sudah penuh atau setelah anggaran dana terasa berlebihan maka tetap bisa dilanjutkan rencana berlibur tersebut.

2. Cari pernginapan yang memperbolehkan memasak

Kadang ketika kita sedang berlibur biaya paling besar adalah saat mengeluarkan biaya untuk makanan. Jika anda memang ingin berwisata kuliner atau memang tidak ingin ribet tidak apa – apa untuk tidak mencari penginapan yang dapat masak. Ini hanya untuk jaga – jaga saja bila anda lapar tengah malam atau untuk cemilan saja agar tidak harus selalu membeli makanan. Bisa juga untuk selalu menyiapkan makanan instan atau snack.

Penginapan  yang membolehkan memasak bisanya memiliki fasilitas dapur besama atau menyediakan dispenser air panas untuk memasak makanan instan atau kopi. Dengan memilih penginapan yang dapat memasak ini akan lumayan menghemat anggaran untuk konsumsi. Apalagi jika kita akan berlibur untuk waktu yang lama. Sehingga kita tidak perlu harus membeli makanan terus di restoran. Lalu juga kita bisa mencoba memasak sendiri dari bahan makanan yang ada disana, hal tersebut  juga dapat menjadi sarana yang bermanfaat dalam  mengabiskan waktu bersama sama dan lebih menyenangkan!

3. Susun jadwal berlibur

Ketika kita berlibur, banyak hal yang biasanya ingin kita lakukan. Cobalah susun agenda kegiatan untuk berlibur agar dapat terlihat rencana – rencana dalam berlibur. Dengan menyusun agenda kegitan juga akan dapat memperlihatkan berapa anggaran yang harus dikeluarkan sehingga lebih terencana. Masukan juga rencana untuk mencari souvenir beserta anggarannya. Jadwal ini juga akan membantu menejemen waktu anda saat berlibur. Sehingga tidak banyak waktu yang terbuang. Kuncinya yaitu disiplin dan patuh terhadap aturan sendiri.

Disiplin pada waktu dan disiplin pada pengeluaran yang mungkin seharusnya tidak anda keluarkan. Jika anda berencana untuk berlibur panjang usahakan agar tidak berlibur pada musim liburan. Lebih baik pada hari – hari yang biasa bukan saat musim liburan. Biasanya pada tanggal – tanggal tersebut harga tiket dan penginapan akan lebih mahal dikarenakan dengan tingkat permintaan yang banyak.

4. Membuat tabungan berlibur dan gunakan promo

Buatlah tabungan khusus untuk anggaran berlibur diluar tabungan utama. Dengan seperti ini dana atau anggaran berlibur tersebut tidak akan terganggu dengan tabungan utama anda. Selalu mensisihkan uang dan berhemat setiap bulannya agar tabungan berlibur tidak terganggu dengan kebutuhan lainnya. Membuat tabungan juga adalah salah satu cara agar anda mengetahui jumlah uang yang bisa digunakan untuk berlibur agar tidak over budget dan menganggu tabungan pribadi anda.

Dan jangan lupa untuk gunakan dan selalu pantau website untuk tiket dan penginapan. Usahakan ketika anda mencari tiket atau tempat penginapan gunakan beberapa browser agar ketika anda menemukan penginapan yang murah anda bisa langsung booking untuk tiket atau penginapan tersebut karena dihawatirkan habis. Promo – promo pun biasanya tidak ada pemberitahuan dulu sebelumnya atau anda bisa masuk ke grup – grup untuk travelling agar mendapatkan info terbaru terkait tiket promo. 

 

5. Cari tiket dari jauh – jauh hari

Setelah anggaran konsumisu yang lumayan besar, hal lain yang juga menjadi pertimbangan dalam liburan adalah transport ke wilayah yang akan kita kunjungi. Jika anda berniat untuk berlibur yang memang mengharuskan pergi menggunakan transportasi umum. Maka carilah tiket dari jauh – jauh hari sebelum anda berangkat. Biasanya harga tiket akan lebih murah dibanding dengan membeli tiket saat mendadak.

Gunakan dan selalu cek promo dari setiap aplikasi atau web penyedia tiket jasa transportasi. Masing – masing maskapai pun terkadang suka memberikan promo berupa discount atau cashback loh. Dengan demikian anggaran untuk transportasi akan lebih hemat. Pembayan melalui aplikasi Bayarin pun akan menjadi lebih hemat dengan adanya cashback!

Pembayaran Tiket KAI dapat dilakukan di aplikasi Bayarin loh! dan dapet Cashback juga! Asik kan? Buruan download dan daftar sekarang juga di link ini Download Aplikasi. Bayar apapun jadi mudah kalo di satu aplikasi. Sudah mudah dapet komisi juga.

Share This Post

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Related Post