Chairul Tanjung, Biografi Chairul Tanjung

8 Kunci Sukses Jadi Pengusaha Ala Chairul Tanjung

By Bayarin I 21 Juni 2019 I

Bukan dari keluarga kaya, lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) ini sukses menjadi pengusaha. Ya, siapa lagi kalau bukan bos CT Corp, Chairul Tanjung. Orang terkaya ke-7 di Indonesia.

Chairul Tanjung dulu dijuluki si Anak Singkong (anak pinggiran dari keluarga miskin). Semasa kuliah  ternyata ia sempat membuka usaha fotokopi, jual LKS, dan jasa pembuatan kaos.

Dia juga pernah membuka toko peralatan kedokteran yang akhirnya bangkrut. Chairul juga pernah jadi pengusaha kontraktor, pekerja di pabrik baja sampai rotan, tapi semuanya gagal.

Akhirnya ia berhasil di bisnis sepatu yang sampai diekspor ke Italia dengan tiga orang temannya. Namun pria dengan dua anak ini memilih mundur dari bisnis tersebut dan membangun perusahaannya sendiri yang ia namai Para Group. Sekarang, perusahaan tersebut kita kenal dengan nama CT Corp.

Sukses menjadi pengusaha kaya raya dari bukan siapa-siapa, Chairul Tanjung membagikan kunci yang berhasil membawanya ke tahtanya yang sekarang. Dilansir dari berbagai sumber, berikut delapan kunci sukses jadi pengusaha ala Chairul Tanjung:

  1. Berprestasi dan wajib mengikuti organisasi

 Memutuskan jadi pengusaha bukan berarti tidak berprestasi di bidang akademis. Tidak ada ilmu yang sia-sia. Hal ini terbukti meskipun Chairul adalah lulusan FKG UI, ia sukses di dunia bisnis.

Chairul mengatakan wajib hukumnya untuk mengikuti organisasi, baik di dalam sekolah maupun luar sekolah seperti Karang Taruna. Sebab di sanalah kita dilatih berbicara di depan orang dan diplomasi (mencoba meyakinkan dan membujuk orang). Manajemen waktu kita juga dilatih di sana, plus kita bisa mendapat relasi yang luas.

  1. Bekerja lebih keras dari orang lain

Ingat, tidak ada usaha yang mengkhianati hasil! Tidak ada kesuksesan yang instan. Semua melalui proses yang panjang dan sulit. Bekerjalah 2/3 kali lebih banyak dari orang lain. Karena tanpa kerja keras, semuanya adalah omong kosong.

Selain kerja keras, kita juga harus kerja ikhlas. Setelah itu, baru menyerahkan segala hasil kerja keras pada Tuhan. Chairul berkata “Tuhan tidak akan memberi kesuksesan lebih pada orang yang kurang bekerja keras daripada orang yang lebih bekerja keras. Itulah hukum alam,”

  1. Lakukan pekerjaan dengan detail

Chairul Tanjung adalah orang yang perfeksionis dan sangat detail. Ia bekerja secara cerdas. Sehingga ketika ia menjalani sesuatu, ia akan memastikan strategi dan implementasinya benar. Ia juga bakal memonitor secara berkala harian, mingguan dan bulanan. Hal inilah yang membuat apa yang dia pegang selalu berujung baik.

Ini bisa diterapkan oleh kamu, Mulailah dari hal yang paling kecil, semisal mencatat pemasukan dan pengeluaranmu

  1. Cari dan pertahankan relasi

Chairul percaya bahwa yang ia dapat hari ini, semuanya berkat hubungan dan relasi yang terjalin dengan baik. Dalam sebuah wawancara yang dilakukan Kompas TV, Chairul mengenang 15 ribu pertama yang ia dapat berkat temannya saat ia membuka usaha fotokopi.

“Pas kuliah tingkat satu, sahabat saya punya percetakan kecil. Dia membantu saya dengan memberi fasilitas bayar nanti, engga ada uang muka. Kalau dulu tidak ada dia, Chairul Tanjung yang sekarang tidak akan pernah ada,” kenang Chairul.

Chairul selalu menekankan untuk tidak jadi kacang yang lupa kulitnya. Untuk tidak pernah melupakan jasa-jasa teman lama. Dan untuk terus membangun relasi. Ia bahkan mempunyai prinsip “Banyak koneksi, banyak rezeki”.

  1. Cari pemicu yang membuatmu tetap semangat bekerja

Memulai adalah sesuatu yang sulit dan menciptakan uang pertama itu adalah sesuatu yang luar biasa. Mendapatkan uang pertama itu walaupun kecil, nikmatnya luar biasa. Itu juga bisa  jadi pemicu untuk mendapat uang-uang lanjutan yang jumlahnya jauh lebih besar.

Kamu harus mempunyai pegangan dan mencari alasan untuk membuatmu mau bekerja keras, misal untuk membuktikan ke tetangga yang suka meremehkan bahwa kamu bisa lebih dari mereka. Atau bisa juga untuk pendidikan anakmu kelak, supaya bisa sekolah tinggi seperti Chairul Tanjung.

  1. Mengasah jiwa kewirausahaan

Chairul mengatakan bahwa setinggi-tingginya jabatan apapun dalam pekerjaan tetap saja kita adalah pegawai. Tapi sekecil-kecilnya usaha kita, tetap saja kita itu bos. Kemampuan berwirausaha kita bisa dibilang baik ketika kita punya kemampuan manajemen yang baik. Jujur dan kepercayaan adalah modal awal dan paling dasar dari seorang pengusaha.

Untuk jadi pengusaha sukses, kamu perlu mempercayai dirimu Sendiri. Terutama di saat tidak ada seorangpun yang percaya padamu. Pastikan untuk selalu bijaksana dan pikir panjang dalam mengambil keputusan dan berpikir positif.

  1. Konsisten dan pantang menyerah

Menang bukanlah prioritas dan tujuan utama dalam satu perlombaan. Jadikan kalahmu sebagai pengalaman dan motivasi diri. Gagal itu makanan sehari-hari. Sudah biasa. Yang penting adalah bagaimana kita menyikapinya.

Kita harus konsisten. Jika gagal, evaluasi, bangkit! Gagal lagi? Bangkit lagi! Jangan pernah menyerah. Meskipun kemajuan dan keuntungannya masih sedikit, meskipun masih kecil, tak apa. Jajaki satu persatu seperti naik tangga. Memang lama dan melelahkan, tapi pelan-pelan kamu pasti mencapai puncaknya.

  1. Kontribusi memberi

Kerja keras dan kerja cerdas dapat memastikan keberhasilan, tapi Chairul mengatakan memberi atau sedekah dapat memudahkannya. Saat kamu punya bisnis atau usaha, usahakanlah untuk ikut berkontribusi dalam kehidupan masyarakat.

Bayarin berkomitmen untuk berkontribusi memudahkan masyarakat untuk mengakses produk-produk finansial dan perbankan tanpa harus punya rekening Bank. Dengan bergabung dengan Bayarin, kamu juga bisa ikut berkontribusi memudahkan kehidupan masyarakat sekitarmu sambil mengasah jiwa kewirausahaanmu.

Jadi pengusaha sekarang engga susah lagi. Tunggu apalagi?

Yuk, daftar jadi mitra Bayarin.

Share This Post

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Yuk, gabung jadi mitra Bayarin dan nikmati jutaan keuntungannya!​

Satu Aplikasi, untuk semua kebutuhan Anda

Related Post

PERBEDAAN E-COMMERCE DAN MARKETPLACE

MENGENAL PERBEDAAN E-COMMERCE DAN MARKETPLACE

Mari bahas satu persatu perbedaan antara e-commerce dan market karena kedua teknologi tersebut sering dianggap sama karena termasuk flatform juala beli online

Read More »

PERBEDAAN E-MONEY DAN E-WALLET

MENGENAL PERBEDAAN E-MONEY DAN E-WALLET

Mari bahas satu persatu perbedaan antara E-money dan E-wallet karena kedua teknologi tersebut sering dianggap sama karena termasuk uang elektronik tidak hanya itu keduanya juga bisa untuk menyimpan sejumlah uang untuk pembayaran cashless

Read More »

5 ALASAN KENAPA HARUS JADI PENGUSAHA

5 ALASAN KENAPA HARUS JADI PENGUSAHA

Salah satu alasan kenapa harus jadi pengusaha adalah lebih dekat dengan keluarga. menjadi seorang pengusaha anda dapat mengatur waktu dan keluarga anda tidak akan terpaku

Read More »

PENTING MENGATUR KEUANGAN SAAT PANDEMI COVID-19

Mencari Sumber Penghasilan Tambahan
Kita mengetahui bahwa sangat penting mengatur dan mengelola kuangan saat pandemi seperti ini, kita juga bisa mencari sumber penghasilan tambahan yang mudah dan tidak memerlukan biaya dan modal yang begitu besar, contohnya kita bisa membuka usaha PPOB yang bisa dilakukan dari rumah tidak hanya untuk penghasilan untuk kebutuhan sendiri kita bisa menekan biaya pengeluaran jika kita menggunakan apliaksi PPOB untuk kebutuhan rumahtangga seperti membayar listrik, pdam, tv berlangganan dan yang lainnya.

Read More »

Keuntungan Memulai Bisnis PPOB

Seperti poin di atas, kita mengetahui bahwa layanan di beberapa PPOB lebih murah harganya. Ini bisa jadi peluang untuk membuka bisnis PPOB. Dengan menjalankan bisnis PPOB, kita bisa mendapatkan keuntungan dari produk yang kita jual ke pelanggan.

Read More »