Apa sih normal atau kebiasaan yang baru?

By Bayarin I 20 Juni 2020 I

Normal yang baru atau kebiasaan yang baru. Itu adalah istilah yang diberikan pemerintah unutk menjalani kehidupan dengan cara yang baru. Memang pandemi ini belum selesai namun pemerintah harus menyelamatkan ekonomi negara juga, oleh karena itu istilah ini dikampanyekan. Bukan berarti kita tetap bebas bepergian seolah – olah pandemi telah hilang. Namun kita diharuskan tetap waspada dalam menjalani aktifitas kita di luar ruangan. Angka penyebaran covid-19 ini di indonesia naik setelah 3 bulan lamanya kita di rumah saja. Masih banyak masyarakat yang belum menyadari bahwa virus ini tidak main – main. Walau angka kematiannya lebih sedikit dari SARS namun angka penyebarannya ini sangat cepat. Penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehetan kita agar tidak terinfeksi. Beberapa orang sudah kembali berjualan dipasar, bekerja ke kantor masing – masing walau dibatasi, dan orang – orang sudah mulai membuka toko mereka. Dalam hal tersebut ada beberapa kebiasaan baru yang harus kita patuhi. Berikut adalah beberapa kebiasaan baru yang harus kita lakukan untuk mecegah penyebaran virus:

1. Memakai Masker

Beberapa di daerah di indonesia ada yang belum terbiasa menggunakan masker. Malah mereka menganggap orang yang memakai masker itu aneh. Padahal dengan memakai masker menurut studi ilmuan di Hongkong menyatakan bahwa penyebaran virus dapat menurunkan penyebaran virus sebesar 75 persen. Pemerintah juga sudah menganjurkan untuk minimalnya menggunakan masker kain pada saat beraktivitas. Tidak semua masker kain baik digunakan untuk masker. Gunakan lah masker kain yang tidak bisa ditiup, karena beberapa kain yang digunakan untuk masker jika mudah ditiup artinya masker tersebut tidak bisa untuk menyaring udara atau menahan droplet yang mengandung virus dan bakteri. Lalu gunakan lah juga masker dengan bahan yang tidak membuat sesak dalam bernafas. Jika menggunakan masker kain, cuci lah dengan rutin masker kain tersebut setelah dipakai diatas 2 jam.

2. Membawa Hand sanitizer

Barang ini sempat langka dijual di masyarakat. Namun sekarang sudah mulai mudah kembali untuk didapatkan. Hand sanitizer mampu membunuh bakteri dan kuman. Walau sebenarnya lebih baik cuci tangan dengan air megalir. Namun setidaknya jika sedang berada diluar ruangan dan keadaan yang tidak memungkinkannya untuk cuci tangan, anda bisa menggunakan Hand Sanitizer ini terlebih dahulu untuk mencegah virus tersebut menempel pada tangan. Dengan membawa kemana – mana Hand Sanitizer ini memungkinkan kita tetap menjaga kebersihan tangan kita. Jika anda masih sulit dalam mendapatkan Hand Sanitizer ini anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Sudah banyak di internet yang membagikan cara dan bahan apa saja yang digunakan untuk membuat Hand Sanitizer ini.

3. Membawa Tisu Basah

Banyak yang menggunakan alkohol murni untuk membersihkan permukaan – permukaan benda seperti gadget, kunci, dan lain sebagainnya untuk membersihkan benda tersebut. Namun anda bisa lebih praktis dengan membersihkan benda – benda tersebut dengan tisu basah. Tisu Basah juga memiliki kandungan alkohol yang cukup dalam membersihkan benda – benda tersebut dari bakteri dan virus. Apalagi bagian yang paling rentan adalah gadget kita sendiri. Setelah kita memegang benda apapun dan membersihkan tangan kita, pasti kita setelah itu memegang gadget kita. Yang dikhawatirkannya adalah setelah memegang gadget, kita memegang muka kita yang rentan untuk masuk nya inveksi virus.

4. Selalu menjaga jarak

Himbauan dari pemerintah ini bukan hal sepele yang bisa kita anggap remeh. Penelitian terbaru mengatakan jika kita mengobrol dalam jarak yang cukup dekat maka virus dapat menyebar dengan mudah. Nah apalagi jika kita sedang berada dalam kerumunan dan semuanya mengbrol. Sebisa mungkin kita menghidari kerumunan dan jika memang mengharuskan kita jaga jarak aman dengan orang lain ketika beraktivitas.

5. Membawa peralatan makan sendiri

Buat yang suka jajan atau yang harus makan di luar, bawalah peralatan makan sendiri. Hal ini mungkin terlihat sederhana, namun demi menjaga diri kita sendiri tidak apa – apa lah sesekali kita merepotkan diri. Dengan demikian anda juga tidak akan merepotkan orang tersayang di rumah dengan membawa virus tersebut. Dengan membawa peralatan makan kita sendiri juga menjadikan kita lebih sehat dan higenis.

Menjaga kebersihan ditengah pandemi dan menjalankan normal yang baru ini menjadikan pelajaran untuk kita selalu bersih dan higenis. Selalu jaga kesehatan kalian ya! Selalu cuci tangan setelah bertransaksi dimanpun. Sebisa mungkin lakukan aktifitas di rumah dan melakukan aktifitas dalam memenuhi kebutuhan secara online. Dengan tetap di rumah kalian turun membantu dalam menekan angka penyebaran covid-19 ini. Lakukan pembayaran apapun secara online seperti pada aplikasi Bayarin. Tidak hanya itu dengan memakai aplikasi bayarin maka anda juga dapat berhemat dengan cashback yang diberikan. Yuk download dan bayar secara online oleh aplikasi Bayari dengan di rumah aja. Download Sekarang!

Share This Post

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Related Post