BIll gates, bill gates hd image, bill gates png, bill gates jpg, Bill Gates wallpaper

Bill Gates dan Pelajaran yang Bisa Kita Petik

By Bayarin I 25 Oktober 2019 I

Bill Gates adalah orang terkaya dan  tersukses di dunia. Kalau kamu tidak tahu dia, hampir semua sistem operasional komputer yang dipakai di seluruh dunia, termasuk komputermu, Bill Gates-lah yang menciptakannya. Ia terkenal dengan maha karyanya bersama Paul Allen yaitu Microsoft dan system operasional Windows

Bapak Microsoft ini telah berhasil menjadi seorang miliarder pada usia 31 tahun dan terus mempertahankan gelarnya sebagai salah satu orang terkaya di dunia selama belasan tahun. Pengalamannya dalam membangun bisnis sudah tidak perlu diragukan lagi.

Saking kayanya Bill Gates, penghasilannya diperkirakan Rp.2.500.000 setiap detiknya. Coba bayangkan berapa penghasilannya setahun!? Dia bisa menyumbang uang Rp.150 ribu kepada semua orang di dunia dan tetap dapat menyiisakan uang 50 milyar di sakunya. Bahkan kekayaannya juga diperkirakan baru bisa habis selama 384 tahun untuk menghabiskannya. WOW!

Bill Gates juga terkenal sebagai seorang filantropi alias seorang dermawan. Dia mendirikan yayasan bersama istrinya bernama Bill & Melinda Gates Foundation pada tahun 2000. Kini Bill Gates mengundurkan diri dari kesibukan rutin di Microsoft, lalu memfokuskan diri pada yayasan amalnya. Yayasan miliknya sekarang telah menjadi satu dari badan amal swasta terbesar di dunia yang sudah menyumbang sebanyak lebih dari 42 triliun tiap tahunnya selama berdiri untuk kegiatan kemanusiaan, kesehatan dan pendidikan.

Kesuksesan Bill Gates tentu bukan didapatkan dengan hasil semalam. Jauh sebelum bisa merasakan kekayaan yang melimpah seperti sekarang, Bill Gates benar-benar bekerja dengan keras. Ia bahkan hanya tidur 8 jam seminggu. Bill Gates juga memberanikan diri untuk mengambil risiko dengan drop out dari bangku kuliah. 

Dalam beberapa kesempatan, Bill Gates pun turut memberi wejangan untuk kita. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut Bayarin memaparkan kunci sukses ala milyarder nomor satu dunia tersebut:

  • Sabar adalah kunci kesuksesan

Mungkin kamu sering mendengar pepatah ini, tapi pepatah ini bukan isapan jempol semata. Kalau hari ini kamu sedang merintis usaha dan belum sukses juga, bekerjalah lebih keras. Kesuksesan tidak didapatkan dalam semalam karena Bill Gates pun butuh belasan tahun dengan jam tidur yang sangat minim untuk bisa membangun Microsoft sebesar sekarang.

  •  Jangan terlena kesuksesan

Bill Gates mengatakan bahwa kesuksesan adalah guru yang Buruk. Kesuksesan menghasut orang pintar berpikir bahwa mereka tidak bisa kalah. Gates juga bilang bahwa tidak apa-apa merayakan sebuah kesuksesan, tetapi akan jauh lebih penting jika kita memetik pelajaran dari kegagalan kita. Bill Gates juga mengatakan bahwa ketidakpuasan pelanggan adalah sumber pembelajaran yang terbaik untuk kita. Jadi ketika kamu dapat pelanggan yang menyebalkan, jangan komplain! Justru kamu harus bersyukur karena mendapatkan pelajaran yang berharga dari mereka untuk meningkatkan kualitas produk atau cara berjualanmu.

  • Jangan takut pada perubahan

Kita harus fleksibel dan mengikuti perubahan. “Kebanyakan orang selalu takut pada perubahan, contohnya ketika listrik diciptakan, ya kan?,” ujar Bill Gates. Namun perubahan-perubahan besar itulah yang justru membuat dunia menjadi lebih baik. Namun kita juga harus kritis dan tidak terlalu berharap lebih pada perubahan dalam waktu singkat. Semua perubahan yang baik dan besar, butuh waktu lama. 

  • Terus ukur diri

Selama Bill Gates menjalankan bisnis, ia berkali-kali terus dihantam dengan betapa pentingnya mengukur diri sendiri. Kita harus tahu kemampuan kita, keahlian kita, bidang kita, lalu hantam apa yang kita bisa sampai ke titik maksimal. Dan ingat, kita tidak boleh membandingkan diri sendiri dengan siapapun di dunia ini! Sebab, saat kita sedang melakukannya berarti kita sedang menghina diri sendiri.

Kita juga perlu mengukur orang lain, dan akan jauh lebih baik ketika kita bisa mengembangkan orang lain. karena itulah yang dilakukan oleh para pemimpin revolusioner di dunia ini.

  • Berani mengambil risiko

Kita harus mau mengambil risiko yang besar untuk menang besar. Bahkan Bill Gates berani untuk keluar (drop out) dari kampusnya di Harvard demi mengejar mimpi dan fokus mengembangkan Microsoft. Namun untuk hal ini, Gates mengatakan tidak patut dicontoh. Sebab pendidikan itu sangat penting bagi kehidupan kita. 

  • Bisnis itu tidak sulit

Bill Gates mengatakan bahwa untuk berbisnis itu tidak sulit. Bahkan ia hanya mencurahkan 10% dari pikirannya untuk memikirkan bisnis. Asal kamu mem biasakan diri. Pria berusia 64 tahun ini juga mengatakan bahwa sekarang ini adalah waktu yang sangat tepat untuk memasuki dunia bisnis karena bisnis akan berubah lebih maju lagi dalam waktu 10 tahun ke depan daripada 50 tahun terakhir.

  • Selalu cari tahu

“Jangan pernah bilang ‘saya tidak tahu’ tapi bilanglah ‘saya belum tahu’,” ujar pria dengan tiga anak ini. untuk menjadi sukses, kita harus selalu skeptis dengan kata lain rasa penasaran kita akan sesuatu selalu ada. Jangan menghindari kesulitan dengan mengatakan tidak tahu karena tidak ada yang tidak bisa dipelajari di dunia ini. 

  • Punya banyak mimpi

Gates bercerita bahwa ketika dirinya kecil, ia punya banyak sekali mimpi dan cita-cita yang ingin digapai. Hal tersebut didapatkannya dari banyak membaca dan mengenal dunia lebih baik lagi. Kita pun harus selalu percaya pada sebuah ekspektasi. Sebab menurut Gates, ekspektasi adalah bentuk paling pertama dari kebenaran. “Ketika orang mempercayainya, maka hal itu sudah menjadi kenyataan.”

  • Bermitra dengan rekan yang membangun

Terakhir Gates juga mengatakan bahwa kesuksesan tidak bisa dibangun sendirian. kita harus mencari rekan untuk menjalin kemitraan yang baik untuk membangun bisnis bersama. Sama seperti bagaimana Microsoft tidak akan ada atau bahkan lahir jika Gates tidak bekerja sama dengan Paul Allen. Mungkin saja kesuksesanmu hari ini tertunda karena belum menemukan mitra yang tepat untuk bekerja sama. Sebab cara terbaik untuk mengembangkan diri adalah hadirnya seseorang yang memberikan kita respon atas semua yang kita lakukan.

Kalau saat ini kamu berada di posisi tidak bisa menemukan mitra yang baik, Coba deh bermitra dengan PPOB Bayarin. Siapa tahu kami bisa jadi Paul Allen buat kamu 🙂

Yuk daftar gratis sekarang, download aplikasinya dan rasakan jutaan kebaikan dan manfaatnya sendiri.

 

Share This Post

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Related Post