Satu Aplikasi yang Menyediakan Berbagai Layanan

E-SAMSAT

Manfaatkan produk multibiller dari Bayarin, untuk mendapatkan komisi lebih besar

E-SAMSAT

Sekarang kamu bisa langsung menikmati kemudahan cek tagihan PKB dan bayar tagihan PKB melalui Samsat Online di Bayarin. Fitur layanan ini adalah hasil kerjasama dengan layanan perpajakan di Indonesia untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Bayar tagihan PKB praktis tanpa antre berjam-jam di kantor Samsat karena sekarang bisa bayar PKB melalui Samsat Online hanya dengan sentuhan jari.

Yuk, daftar sekarang. Gratis!

Cara Membayar Tagihan E-Samsat Di Bayarin

  • Buka aplikasi Kios Bayarin,
  • Pilih menu ‘Pilih Kategori’ lalu pilih PKB daerah kamu,
  • Masukkan nomor tagihan kamu lalu ‘cek tagihan’
  • Setelah itu akan muncul jumlah tagihan yang harus kamu bayarkan lalu pilih ‘bayar‘,
  • Selamat! Pembelian kamu sudah terbayar.
  • Buka aplikasi Kios Bayarin,
  • Pilih menu ‘Pilih Kategori’ lalu pilih PKB daerah kamu,
  • Masukkan nomor tagihan kamu lalu ‘cek tagihan’
  • Setelah itu akan muncul jumlah tagihan yang harus kamu bayarkan lalu pilih ‘bayar‘,
  • Selamat! Pembelian kamu sudah terbayar.

Pertanyaan Seputar Layanan E-Samsat

E-Samsat alias Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap adalah layanan jaringan elektronik yang diselenggarakan Tim Pembina Samsat Nasional berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk pembayaran dan pengesahan tahunan secara online PKB, SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan), dan PNBP Pengesahan STNK (Surat Tkamu Nomor Kendaraan) yang dapat dilakukan melalui aplikasi layanan mobile. Aplikasi e-Samsat dapat mempermudah nasabah untuk mengurus perpanjangan STNK, info pajak dan pembayaran pajak kendaraan secara online.

Apabila selama ini pelayanan Samsat identik dengan antrean panjang yang mengular di kantor pusat Samsat, ternyata ada beberapa pelayanan Samsat yang dapat dipilih untuk dapat menghindari hal tersebut. Ditlantas Polda Metro Jaya telah memudahkan masyarakat dalam membuat, mengesahkan, atau memperpanjang kelengkapan surat kendaraan bermotor. Saat ini, ada tujuh pelayanan Samsat yang dapat digunakan oleh masyarakat, yaitu:

  • Samsat Induk: Pelayanan Samsat yang satu ini masih terbilang konvensional, karena masyarakat harus datang sendiri ke kantor Samsat untuk kemudian mengantre di loket-loket yang telah disediakan
  • Samsat Drive Thru: Dengan pelayanan ini, masyarakat tidak perlu turun dari kendaraan mulai dari mengurus pendaftaran sampai membayar pajak kendaraan
  • Samsat Keliling: Apabila biasanya masyarakat yang mendatangi pihak Samsat, dengan pelayanan Samsat Keliling, pihak Samsat-lah yang menghampiri masyarakat.
  • Gerai Samsat: Pelayanan Samsat yang satu ini menyasar tempat pelayanan publik atau tempat keramaian lainnya seperti pusat perbelanjaan.
  • Samsat Kecamatan: Saat ini, pihak Samsat telah mengembangkan Samsat Kecamatan, yakni pelayanan yang tersedia di kantor kecamatan.
  • e-Samsat dan Samsat Online: Saat ini masyarakat tidak perlu repot-repot datang ke Kantor Samsat karena dapat langsung mengakses pelayanan Samsat secara online.
  • Samsat Digital: Pelayanan Samsat yang satu ini menggunakan sistem elektronik atau digital untuk menyelesaikan semua proses mulai dari pendaftaraan, penerimaan data, hingga pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Pajak Kendaraan Bermotor merupakan jenis pajak provinsi yang termasuk ke dalam bagian dari Pajak Daerah. Sesuai Pasal 1 Undang-Undang Republik Indonesia No. 28 Tahun 2009, Pajak Kendaraan Bermotor adalah pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor. Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor dilakukan di kantor bersama Samsat. Subjek Pajak Kendaraan Bermotor adalah orang pribadi atau badan yang memiliki dan/atau menguasai kendaraan bermotor. Sedangkan objek Pajak Kendaraan Bermotor ialah semua kendaraan bermotor beroda termasuk gandengannya yang dioperasikan di semua jenis jalan darat dan air.

  1. Kirim SMS ke 0811 211 9211 (SMS Gateway Server Dispenda Aplikasi Samsat).
  2. Ketik sms dengan format: esamsat [spasi] no.rangka [spasi] NIK/KTP.
  3. SMS balasan yang dikirim isinya: kode bayar, data kendaraan, dan jumlah tagihan.

Yuk, gabung jadi mitra Bayarin dan nikmati jutaan keuntungannya!​

Satu Aplikasi, untuk semua kebutuhan Anda