FAKTOR KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN WIRAUSAHA

By Bayarin I 23 February 2021 I

Akhir-akhir ini banyak orang yang tertarik dalam dunia bisnis dan berwirausaha, ditambah lagi dengan banyak nya flatform yang menyediakan website website yang menawarkan untuk membuka lapak atau dan berwirausaha di flatform mereka. kareba dimasa pandemi yang belum berakhir ini untuk mempunyai penghasilan tambahan itu sangat lah penting dan akan membantu menambah penghasilan. Sebelum kita berwirausaha kita harus tahu  faktor kegagalan dan keberhasilan wirausaha supaya tidak salah memilih bisnis dan menjadi kegagalan.

Mari bahas satu persatu faktor yang menjadi keberhasilan dan kegagalan bisnis, sebelumnya apakah sudah tahu tentang perbedaan E-commerce dan marketplace? jika belum silahkan baca dulu artikel sebelumnya PERBEDAAN E-COMMERCE DAN MARKETPLACE karena kedua flatform tersebut sangat pentiuing ketika nanti kita akan membuka bisnis online.

Pengertian Wirausaha menurut Joko Untoro  adalah suatu keberanian untuk melakukan upaya-upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan seseorang, atas dasar kemampuan dengan cara memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Berikut adalah beberapa faktor keberhasilan dan kegagalan bisnis :

1. Perenecanaan Yang Matang
Setiap usaha yang sukses selalu diawali dengan perencanaan yang matang dari setiap pelaku usahanya. Proses yang di sebet planning ini sangat berguna untuk meminimalisir resiko dan potensi uyang muncul kedepannya. Perencanaan ini harus dilakukan secara menyeluruh sehingga usaha bisa berjalan lancar.

2. Berani Mengambil Langkah
Banyak orang yang tertarik untuk berwirausaha, namun sayangnya tidak sedikit pula yang tidak berani untuk mengambil tindakan.Padahal salah satu faktor keberhasilan dalam berwirausaha adalah berani mengambil langkah atau tindakan, seorang wirausawan  memiliki potensi yang besar di kemudian hari untuk menjalankan usaha-usaha lainnya yang berpeluang sukses.

3. Tekad Kuat dan Kemauan Keras
Salah satu faktor penting keberhasilan wirausaha adalah mempunyai tekad yang sangat kuat dan kemauan keras untuk berhasil menjalankan usaha dan tidak takut gagal, adanya tekad kuat dan kemauan yang keras membuat kita terus berusaha menuju target yang kita tetapkan tanpa kenal menyerah.

4. Memiliki Wawasan Kewirausahaan
Memiliki wawasan tentang kewirausahaan  menjadi salah satu faktor pendukung yang sudah biasa. Memiliki bekal pengetahuan yang luas tentang kewirausahaan kedepannya seoirang pelaku usaha bisa menjalankan usahanya dengan lebih baik lagi dan mampu mengembangkan usahanya dan seorang wirausahawan akan mampu terus mendalami usaha yang dia bangun.

5. Memiliki Jaringan yang Luas
Kesuksesan wirausaha kuncinya juga bisa dengan mempunyai atau membangun jaringan yang luas. Networking sangat penting untuk kelancaran usaha, bisa berupa mitra bisnis atau sekedar membantu mempercepat pemasaran ke pihak lain. maka dari itu jangan menganggap spele kekuatan jaringan yang luas.

 Itrulah faktor keberhasilan wirausaha adapun yang menjadi faktor kegagalan wirausaha akan kita bahas dibawah ini:

1. Manajemen Keuangan Yang Buruk
Manajemen keuangan yang buruk menjadi faktor utama yang dapat menggagalkan kemajuan bisnis kita. Buruknya pengelolaan keuangan membuat operasional usaha bisa terhambat dan berhenti total. seperti yang kita ketahui jika keuangan sangat penting dalam sebuah bisnis.

2. Tidak Kompeten Dalam Manajerial
Kemampuan mengkoordinasikan, mengelola SDM, serta kemampuan mengintegrasikan operasi perusahaan idealnya membutuhkan pengalaman dan bukan sekedar mengetahui ilmunya.

3. Tidak Siap Menghadapi Peralihan Bisnis
Seorang wirausaha harus mampu menghadapi tren pasar dan peralihan bisnis yang mungkin terjadi, misalnya peralihan bisnis dari bisnis offline ke online. Jika seorang pelaku bisnis gagal mengikuti tren perkembangan teknologi dan informasi, maka tentu usaha yang dibangun semakin tertinggal dari pesaing lainnya.

4. Riset Pasar Dan Pemasaran Buruk
Riset pasar sangat penting untuk mengetahui target konsumen. Selanjutnya akan dilakukanpromosi dan pemasaran untuk menjangkau target konsumen. Jika keduanya tidak berjalan dengan lancar  maka bisa di pastikan bisnis akan mengalami kegagalan

5. Kurang Kompeten dan Tidak ada Inovasi
Faktor kegagalan wirausaha dapat diakibatkan karena kurangnya kompetensi dalam manajerial usaha tidak bisa memanajerial bisnis yang sedang dijalankan dan kurang nya inovasi membuat perubahan dalam melakukan bisnis, tidak mengikuti perkembangan pasar juga bisa mengakibatkan gagalnya berwirausaha.

 

Bagaimana ? mengenal faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha  tentunya menambah wawasan kita tentang perbedaan di keduanya. Dengan hadirnya PPOB tentunya lebih memudahkan untuk memulai menjadi wirausaha dan menambah penghasilan anda. 

aplikasi bayarin bisa membantu anda untuk top-up deposit darimana dan kapan saja.

Yuk daftar sekarang di link ini dan Download Sekarang

Share This Post

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Related Post

PERBEDAAN E-COMMERCE DAN MARKETPLACE

MENGENAL PERBEDAAN E-COMMERCE DAN MARKETPLACE

Mari bahas satu persatu perbedaan antara e-commerce dan market karena kedua teknologi tersebut sering dianggap sama karena termasuk flatform juala beli online

Read More »

PERBEDAAN E-MONEY DAN E-WALLET

MENGENAL PERBEDAAN E-MONEY DAN E-WALLET

Mari bahas satu persatu perbedaan antara E-money dan E-wallet karena kedua teknologi tersebut sering dianggap sama karena termasuk uang elektronik tidak hanya itu keduanya juga bisa untuk menyimpan sejumlah uang untuk pembayaran cashless

Read More »

5 ALASAN KENAPA HARUS JADI PENGUSAHA

5 ALASAN KENAPA HARUS JADI PENGUSAHA

Salah satu alasan kenapa harus jadi pengusaha adalah lebih dekat dengan keluarga. menjadi seorang pengusaha anda dapat mengatur waktu dan keluarga anda tidak akan terpaku

Read More »

PENTING MENGATUR KEUANGAN SAAT PANDEMI COVID-19

Mencari Sumber Penghasilan Tambahan
Kita mengetahui bahwa sangat penting mengatur dan mengelola kuangan saat pandemi seperti ini, kita juga bisa mencari sumber penghasilan tambahan yang mudah dan tidak memerlukan biaya dan modal yang begitu besar, contohnya kita bisa membuka usaha PPOB yang bisa dilakukan dari rumah tidak hanya untuk penghasilan untuk kebutuhan sendiri kita bisa menekan biaya pengeluaran jika kita menggunakan apliaksi PPOB untuk kebutuhan rumahtangga seperti membayar listrik, pdam, tv berlangganan dan yang lainnya.

Read More »

Keuntungan Memulai Bisnis PPOB

Seperti poin di atas, kita mengetahui bahwa layanan di beberapa PPOB lebih murah harganya. Ini bisa jadi peluang untuk membuka bisnis PPOB. Dengan menjalankan bisnis PPOB, kita bisa mendapatkan keuntungan dari produk yang kita jual ke pelanggan.

Read More »