JADI TREND BELANJA MASA KINI, SIMAK KEUNTUNGAN DARI BELANJA
LEWAT E-COMMERCE

By Bayarin I 10 November 2020 I

Sejak memasuki era digital, masyarakat jauh lebih banyak memanfaatkan internet untuk transaksi jual beli terutama di tengah kondisi pandemi seperti saat ini. Bagaimana tidak? Fasilitas yang disajikan berbagai e-commerce untuk mendapatkan barang favorit begitu mudah dan cepat. Tanpa perlu keluar rumah, kita hanya perlu menggerakkan jari sambil duduk menonton film favorit, barang akan langsung datang ke rumah. Belum lagi promo berupa diskon dan cashback yang menggiurkan.

Tidak heran, Indonesia menjadi pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Bagi kamu yang masih belum tahu dan masih takut berbelanja online, yuk simak pengertian dan penjelasan lengkap tentang e-commerce berikut.

Apa itu e-commerce? Electronic commerce atau ecommerce adalah segala aktivitas  penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang maupun jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya.

Berdasarkan definisi diatas, cukup menjelaskan penyalahartian antara e-commerce dan market place. Istilah e-commerce digunakan untuk mendeskripsikan semua aktivitas jual beli dengan menggunakan media elektronik. Sementara market place merupakan salah satu model e-commerce, yang berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Penjual yang berdagang di marketplace hanya perlu meladeni pembelian. Berikut contoh market place diantaranya: Tokopedia, Blibli.com, Bukalapak, Shopee dan Lazada.

Buat kamu yang belum pernah merasakan kenikmatan berbelanja online, nih kita sharing beberapa keuntungan dari berbelanja online, diantaranya:

1. Hemat waktu dan Uang

Kamu gak perlu keluar rumah dan jadi lebih hemat BBM, gak ribet menenteng barang belanjaan, gak perlu tergiur mampir makan di food court, atau menghabiskan waktu jalan-jalan di mall sekedar window shopping dan akhirnya harus membeli barang yang gak kamu butuhkan.

Belanja online bisa di sela-sela kamu mengerjakan tugas sekolah, di sela jam makan siang, bahkan dalam perjalanan menuju sekolah atau kantor.

2. Privasi terjaga

Dengan belanja online, kamu gak perlu malu membeli barang yang sebelumnya sungkan kamu beli saat belanja di toko. Contohnya, saat kamu ingin membeli underwear, alat kontrasepsi, atau beragam kebutuhan lain. Belanja online bisa menjaga privasi kamu mulai dari pemilihan barang, transaksi hingga pengiriman.

3. Lebih Nyaman

Kamu introvert? Gak suka berbelanja di tempat ramai? Belanja online bisa menjadi penyelamat kamu dari hiruk pikuk toko atau mall. Belanja online bisa jauh lebih nyaman dibanding datang ke toko atau mall langsung. Kamu gak perlu ribet memikirkan outfit apa yang akan dikenakan, cuaca yang gak mendukung untuk ngemall, atau kesibukan sekolah hingga aktivitas rumah tangga yang lebih penting untuk dilakukan.

4. Pilihan Produk Lebih Bervariasi

Saat berbelanja online, barang-barang yang akan kamu temukan jauh lebih bervariasi. Kamu juga dimudahkan saat memilih beragam barang, model, dan jenisnya. Berbeda dengan toko atau mall di dekat rumah yang jenis barangnya terbatas. Di toko online, kamu bisa menemukan berbagai variasi barang mulai dari spare part alat musik, makanan atau cemilan unik, kosmetik brand luar negri, souvenir pernikahan dan masih banyak lagi.

5. Kemudahan dalam Pembayaran

Belanja online juga memberikan kemudahan dalam hal pembayaran. Misalnya selama ini kamu sudah biasa melakukan pembayaran menggunakan metode COD, kartu debit maupun kartu kredit, sekarang pembayaran beberapa market place bisa lebih praktis dengan adanya fitur bayar e-commerce di Bayarin. So, bisa banget ya buat kamu pengguna app Bayarin buat bayar transaksi pembelanjaan e-commerce kamu via Bayarin! Yuk daftar sekarang di link ini dan Download Sekarang!

Share This Post

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Related Post

PERBEDAAN E-COMMERCE DAN MARKETPLACE

MENGENAL PERBEDAAN E-COMMERCE DAN MARKETPLACE

Mari bahas satu persatu perbedaan antara e-commerce dan market karena kedua teknologi tersebut sering dianggap sama karena termasuk flatform juala beli online

Read More »

PERBEDAAN E-MONEY DAN E-WALLET

MENGENAL PERBEDAAN E-MONEY DAN E-WALLET

Mari bahas satu persatu perbedaan antara E-money dan E-wallet karena kedua teknologi tersebut sering dianggap sama karena termasuk uang elektronik tidak hanya itu keduanya juga bisa untuk menyimpan sejumlah uang untuk pembayaran cashless

Read More »

5 ALASAN KENAPA HARUS JADI PENGUSAHA

5 ALASAN KENAPA HARUS JADI PENGUSAHA

Salah satu alasan kenapa harus jadi pengusaha adalah lebih dekat dengan keluarga. menjadi seorang pengusaha anda dapat mengatur waktu dan keluarga anda tidak akan terpaku

Read More »

PENTING MENGATUR KEUANGAN SAAT PANDEMI COVID-19

Mencari Sumber Penghasilan Tambahan
Kita mengetahui bahwa sangat penting mengatur dan mengelola kuangan saat pandemi seperti ini, kita juga bisa mencari sumber penghasilan tambahan yang mudah dan tidak memerlukan biaya dan modal yang begitu besar, contohnya kita bisa membuka usaha PPOB yang bisa dilakukan dari rumah tidak hanya untuk penghasilan untuk kebutuhan sendiri kita bisa menekan biaya pengeluaran jika kita menggunakan apliaksi PPOB untuk kebutuhan rumahtangga seperti membayar listrik, pdam, tv berlangganan dan yang lainnya.

Read More »

Keuntungan Memulai Bisnis PPOB

Seperti poin di atas, kita mengetahui bahwa layanan di beberapa PPOB lebih murah harganya. Ini bisa jadi peluang untuk membuka bisnis PPOB. Dengan menjalankan bisnis PPOB, kita bisa mendapatkan keuntungan dari produk yang kita jual ke pelanggan.

Read More »