Kisah sukses Jack Ma, sang pendiri Alibaba.com

By Bayarin I 6 Juni 2020 I

Kalian tahu alibaba.com? Atau bahkan sering berbelanja online dari alibaba.com? Ya ini lah kisah Jack Ma sang pendiri alibaba.com. Seperti yang kita ketahui beberapa tahun ini Jack Ma sering muncul di media sosial. Dengan segala motivasinya, kisah bisnisnya, bahkan kisah dia mendonasikan uang dan hartanya. Apalagi saat pandemi seperti ini orang – orang seperti Jack Ma berlomba – lomba untuk berdonasi untuk membantu sesama. Terakhir Jack Ma diketahui mendonasikan berupa 2 juta masker, 150.000 test kit, 20.000 baju pelindung, dan 20.000 pelindung wajah ke Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand. 

Jack Ma memulai karirnya sebagai guru bahasa inggris. Pada sebelum ia menjadi seorang guru bahasa inggris Jack Ma selalu ditolak ketika mendaftarkan diri menjadi karyawan. Jumlah perusahaan yang ia lamar adalah 30 perusahaan dan semuanya menolak lamarannya tersebut dan juga Ia pernah mendaftar di suatu perusahaan makanan cepat saji yaitu KFC tetapi dari 24 orang yang melamar hanyak 23 orang yang diterima dan kamu tahu? Dia adalah satu – satunya orang yang ditolak bekerja pada saat itu. Lalu ia berubah haluan untuk menjadi guru bahasa inggris saja karena ia sadar memiliki kemampuan yang cukup baik dalam berbahasa inggris malah terhitung fasih.

Jack Ma lahir pada 10 September 1964 di Provinsi Hangzou. Ia lahir dari keluarga miskin yang menjadi korban revolusi kulturan di China. Tetapi Jack Ma tumbuh sebagai anak yang penuh dengan akal. Kita bisa lihat dari bagaimana cara dia belajar bahasa inggris. Setiap hari selama 5 tahun Jack Ma dengan sukarela mengantarkan turis berkeliling. Dia sudah bertekad bahwa uang saat itu bukan lah tujuan akhir. Niatnya saat itu adalah hanya belajar berbahasa inggris.

Ma tumbuh pada lingkungan penduduk yang sederhana di Hangzou. Ketika dia hidup berhadapan dengan berbagai masalah. Ma selalu ditolak di setiap sekolah. Penolakan tersebut dikarenakan hasil ujian matematikanya yang tak begitu baik. Delapan tahun bergaul bersama banyak turis asing benar – benar mengubah cara pandanganya mengenai hidup. Apa yang diceritakan para turis asing berbeda dengan pelajaran yang ia dapat disekolah. Dengan seperti itu Ma berpikir lebih global dibanding orang china lainnya.

Pertama kali Jack Ma mengenal internet adalah ketika ia mencoba mencari kata ‘beer’ dan ‘china’. Namun pada saat itu hasil yang keluar merupakan bukan yang ia harapkan. Dengan melihat peluang tersebut Ma membuat halaman website untuk jasa terjemahan bahasa china dengan temannya. Baru saja dalam beberapa jam ia menerima banyak surat elektronik (email) yang cukup membantunya untuk membangun website tersebut.

Sejak saat itu ia terinspirasi untuk membuat Alibaba.com empat tahun kemudian. Alibab kini menjadi retailer online terbesar di China dan menjadi posisi kedua dunia selelah Wal-mart. Merupakan tempat pertama yang menghubungkan para eksportir China dengan para pembeli di luar negeri. Jack Ma juga pandai dalam membuat ide – ide bisnis. Pada saat itu perusahaanya menarik banyak investor. Berkat kegigihannya Alibaba, Taobao, Tmall.com mendominasi sistem portal pengiriman China.

Jack Ma sangat fokus terhadap mimpinya hingga dia bisa membuat website retail terbesar di China. Semua orang sukses pernah berada di posisi paling bawah dalam kehidupannya. Oleh karena itu harus tetap percaya dan konsisten dalam usaha kita mau apapun bentuknya. Berada dalam posisi itu memang sulit. Namun dengan gigihnya kita dan selalu bekerja keras menjadikan kita harus terus berpikir untuk sukses. Jika anda ragu mau memualai usaha apa anda bisa mencoba bisnis pembayaran online yang saat ini sedang ramai. Anda bisa mendaftarkan diri anda di Bayarin.co.id dengan menjuak berbagai produk digital. Yuk daftar sekarang di link ini dan Download Sekarang!

 

Share This Post

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Related Post