KENALI PERBEDAAN E-COMMERCE DAN MARKETPLACE

By Bayarin I 28 Januari 2021 I

Di era digital yang semakin marak dengan penggunaan e-commerce dan  marketplace, masih banyak masyarakat yang belum mengerti perbedaan dari keduanya. Mereka menganggap bahwa e-commerce  dan marketplace adalah sama. mari mengenal perbedaan e-commerce dan marketplace.

Mari bahas satu persatu perbedaan antara e-commerce dan  dan marketplace, tapi sebelum itu sudah kah anda tahu tentang perbedaan e-money dan e-walet?. jika belum silahkan buka dulu di artikel sebelum nya PERBEDAAN E-MONEY DAN E-WALLET  karena sangat penting untuk mengetahui kedua teknologi yang untuk melakukan pembayaran tersebut.

Pengertian E-commerce
E-commerce adalah sebuah website jual beli yang memungkinkan pembeli untuk memilih barang yang diinginkan pada sebuah website, berdiskusi dengan penjual lalu mentransfer sejumlah uang sesuai harga barang ke penjual. dan pada e-commerce ini barang yang ditampilkan adalah barang milik satu penjual.
Pengertian Marketplace
Secara sederhana marketplace dapat disamakan dengan konsep pada pasar tradisional namun yang berbeda marketplace dilakukan melalui internet atau lewat media online saja. Marketplace merupakan website yang menyediakan tempat untuk penjual membuka lapak penjual yang ingin menjual produk dagangannya. melalui marketplace para pembeli dapat menemukan berbagai jenis barang yang diinginkan dari berbagai macam onlineshop.
Berikut adalah perbedaan e-commerce dan marketplace yang harus anda ketahui:
1. Jenis Produk 
untuk e-commerce, jenis produk yang dijual adalah produk pribadi dari satu brand. meskipun brand ini megeluarkan berbagai jenis produk misalnya baju, sepatu, topi dan sebagainya, nama merk yang digunakan tetaplah sama.
Sedangkan untuk marketplace, produk yang dijual berasal dari berbagai macam brand yang disediakan oleh toko online yang menjual barang dan jasa. satu toko online bisa menjual puluhan brand.

2.  Persaingan Bisnis

Persaingan bisnis di e-commerce tidak terlalu menantang karena si pemilik web sendiri yang berjualan dan tidak ada pesaing bisnis yang lain dimanapun anda mengiklankan tetaplah produk anda sendiri yang diiklankan.

Sementara untuk di marketplace daya saing penjualan tinggi karena tidak cuman anda yang berjualan di platform tersebut bahkan untuk produk yang sama dengan yang anda jual pun kemungkinannya sama

3. Pengumpulan Data

Pengumpulan data yang lengkap hanya bisa dilakukan di e-commerce saja
Dengan menggunakan tools seperti Google Analytics, Anda bisa mengetahui demografi audiens, perilaku pengunjung, engagement, hingga sumber trafik website anda. Sehingga anda bisa melihat dan mengumpulkan berbagai data yang anda butuhkan.
Memang di marketplace juga memberikan fitur analisis data. Namun hasilnya tidak selengkap dengan website ecommerce milik sendiri. karena di e-commerce banyak marketing tools yang bisa memberikan berbagai data dari berbagai aspek bisnis secara mendalam.

4. Kesitiaan konsumen
Kesetiaan konsumen menjadi hal terpenting dalam mendukung kemajuan bisnis anda  di e-commerce sendri  anda bisa membuat sistem membership untuk pelanggan agar terus membeli produk di e-commerce anda.

Sementara di marketplace akan susah untuk memarik kesetian pelanggan karena jika produk kita sama dengan produk orang lain dan harga nya lebih murah tentunya pelanggan akan lebih teartarik ke toko orang lain.



5. Kepercayaan
Tidak jauh berbedak untuk masalah kepercayaan di e-commerce dan marketplace apalagi untuk pelaku usaha yang baru karena konsumen akan sering melihat reveiw dari orang orang yang sudah membeli sebelumnya. akan mudah terlihat oleh konsumen kualitas produk yang di jual oleh e-commerce dan marketplace

Bagaimana ? mengenal perbedaan e-commerce dan marketplace tentunya menambah wawasan kita tentang perbedaan di keduanya. Dengan hadirnya PPOB tentunya lebih memudahkan untuk melakukan pembayaran di kedua flatform tersebut karena sekarang sudah banyak ppob yang bekerjasama dengan platform2 juala beli. 
aplikasi bayarin bisa membantu anda untuk top-up deposit darimana dan kapan saja.

Yuk daftar sekarang di link ini dan Download Sekarang

Share This Post

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Related Post

PERBEDAAN E-COMMERCE DAN MARKETPLACE

MENGENAL PERBEDAAN E-COMMERCE DAN MARKETPLACE

Mari bahas satu persatu perbedaan antara e-commerce dan market karena kedua teknologi tersebut sering dianggap sama karena termasuk flatform juala beli online

Read More »

PERBEDAAN E-MONEY DAN E-WALLET

MENGENAL PERBEDAAN E-MONEY DAN E-WALLET

Mari bahas satu persatu perbedaan antara E-money dan E-wallet karena kedua teknologi tersebut sering dianggap sama karena termasuk uang elektronik tidak hanya itu keduanya juga bisa untuk menyimpan sejumlah uang untuk pembayaran cashless

Read More »

5 ALASAN KENAPA HARUS JADI PENGUSAHA

5 ALASAN KENAPA HARUS JADI PENGUSAHA

Salah satu alasan kenapa harus jadi pengusaha adalah lebih dekat dengan keluarga. menjadi seorang pengusaha anda dapat mengatur waktu dan keluarga anda tidak akan terpaku

Read More »