MENGENAL PERBEDAAN E-MONEY DAN E-WALLET

By Bayarin I 25 Januari 2021 I

Di era digital yang semakin marak dengan penggunaan E-money dan E-Wallet, masih banyak masyarakat yang belum mengerti perbedaan dari keduanya. Mereka menganggap bahwa E-money dan E-wallet adalah sama. mari mengenal perbedaan E-money dan E-wallet.
Kedua teknologi tersebut sering dianggap sama karena termasuk uang elektronik. Tidak hanya itu keduanya juga bisa untuk menyimpan sejumlah uang yang dapat digunakan untuk pembayaran  secara cashless.

Mari bahas satu persatu perbedaan antara E-money dan E-wallet, tapi sebelum itu sudah kah anda melakukan pencatatan keuangan?. Pencatatan keuangan sangat penting untuk dilakukan agar kamu dapat melakukan evaluasi pengeluaran dari pemasukan yang kamu miliki. selain itu, kamu juga dapat lebh mengontrol arus keuangan kamu.

Pengertian E-money
Pengertian uang elektronik (e-money) mengacu pada definisi yang dikeluarkan oleh Bank for International Settlement mendefinisikan uang elektronik sebagai “stored value or preoaid products in which a record of the funds or value available to a consumer’s possession” (produk storedvalue atau prepaid dimana sejumlah uang disimpan dalam satu media elektronis yang dimiliki seseorang). Hidayati 15 (2006:4) 
Pengertian E-wallet 
Secara sederhana E-wallet adalah jenis kartu elektronik yang digunakan untuk transaksi yang dilakukan secara online melalui smartphone atau komputer. kegunaannya sama dengan kartu kredit atau debit. E-wallet perlu ditautkan dengan rekening bank individu untuk melakukan pembayaran.
Berikut adalah perbedaan E-money dan E-wallet yang harus anda ketahui:
1. Server Based dan Chip Base
E-money merupakan uang elektronik yang berbasis chip dimana sebuah chip ditanamkan pada sebuah kartu. Sekarang ini, E-money masih sering digunakan untuk penggunaan transportasi umum seperti pembayaran toll kereta dan bus seperti trans Jakarta.
Sedangkan E-wallet adalah uang elektronik yang berbasis pada server. E-wallet berbentuk sebuah aplikasi yang ada pada smartphone. ketika mengakses E-wallet juga biasanya pengguna membutuhkan koneksi internet.

2.  Pengisian Saldo

Untuk pengisian, keduanya sama-sama dapat diisi melalui internet. Namun, pengisian saldo E-money akan lebih mudah jika anda memiliki smartphone dengan NFC (near field communication) jika tidak kamu perlu mengisi kartu E-money di mesin ATM, EDC, atau penyedia layanan pengisian lainnya. 
Hal tersebut berbeda dengan E-wallet yang dapat diisi tidak hanya melalui ATM, tetapi juga layanan bank berbasis internet.

3. Segmentasi Pengguna

Dalam segmentasi pengguna E-money bisa dikatakan lebih unggul dari pada E-wallet. Alasannya karena segmentasi yang di jangkau oleh E-money lebih luas dibandingkan dengan E-wallet. Karena bentuknya yang ada secara fisik yaitu kartu, E-money lebih mudah digunakan oleh masyarakat. Jangkauan mitra E-money secara offline juga lebih banyak di bandingkan dengan E-wallet yang lebih fokus terhadap transaksi online.
Sedangkan segmentasi E-wallet lebih kepada penikmat belanja online. Untuk memiliki E-wallet juga pengguna diperlukan untuk meng-install aplikaksi namun dari efisiennya, dimana berada dalam handphone pengguna tanpa ada tambahan media membuat popularitas E-wallet terus mening
4. Cara Registrasi
Pada E-money pengguna dapat memilikinya tanpa perlu melakukan registrasi. pembelianpun dapat dilakukan di merchant-merchant yang menjual kartu-kartu tersebut. Sebaliknya E-wallet memerlukan registrasi yangjelas dan lengkap dalam penggunaannya.

5. Tingkat keamanan

Hal terakhir mengenai perbedaan dari E-money dan E-wallet adalah tingkat keamanan. Karena E-money berbentuk fisik dan tidak terkoneksi internet, uang elektronik yang satu ini lebih mudah hilang atau rusak.
Sementara itu, E-wallet cendrung lebih aman karena mengacu pada nomer handphone pengguna dan dilengkapi dengan nomer PIN.
Bagaimana ? mengenal perbedaan E-money dan E-wallet tentunya menambah wawasan kita tentang perbedaan di keduanya. Dengan hadirnya PPOB tentunya lebih memudahkan untuk topup saldo E-money dan E-wallet kamu 
aplikasi bayarin bisa membantu anda untuk top-up deposit darimana dan kapan saja.

Yuk daftar sekarang di link ini dan Download Sekarang!

Share This Post

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Related Post

PERBEDAAN E-COMMERCE DAN MARKETPLACE

MENGENAL PERBEDAAN E-COMMERCE DAN MARKETPLACE

Mari bahas satu persatu perbedaan antara e-commerce dan market karena kedua teknologi tersebut sering dianggap sama karena termasuk flatform juala beli online

Read More »

PERBEDAAN E-MONEY DAN E-WALLET

MENGENAL PERBEDAAN E-MONEY DAN E-WALLET

Mari bahas satu persatu perbedaan antara E-money dan E-wallet karena kedua teknologi tersebut sering dianggap sama karena termasuk uang elektronik tidak hanya itu keduanya juga bisa untuk menyimpan sejumlah uang untuk pembayaran cashless

Read More »

5 ALASAN KENAPA HARUS JADI PENGUSAHA

5 ALASAN KENAPA HARUS JADI PENGUSAHA

Salah satu alasan kenapa harus jadi pengusaha adalah lebih dekat dengan keluarga. menjadi seorang pengusaha anda dapat mengatur waktu dan keluarga anda tidak akan terpaku

Read More »

PENTING MENGATUR KEUANGAN SAAT PANDEMI COVID-19

Mencari Sumber Penghasilan Tambahan
Kita mengetahui bahwa sangat penting mengatur dan mengelola kuangan saat pandemi seperti ini, kita juga bisa mencari sumber penghasilan tambahan yang mudah dan tidak memerlukan biaya dan modal yang begitu besar, contohnya kita bisa membuka usaha PPOB yang bisa dilakukan dari rumah tidak hanya untuk penghasilan untuk kebutuhan sendiri kita bisa menekan biaya pengeluaran jika kita menggunakan apliaksi PPOB untuk kebutuhan rumahtangga seperti membayar listrik, pdam, tv berlangganan dan yang lainnya.

Read More »

Keuntungan Memulai Bisnis PPOB

Seperti poin di atas, kita mengetahui bahwa layanan di beberapa PPOB lebih murah harganya. Ini bisa jadi peluang untuk membuka bisnis PPOB. Dengan menjalankan bisnis PPOB, kita bisa mendapatkan keuntungan dari produk yang kita jual ke pelanggan.

Read More »