3698919

Strategi Berjualan di Era Wabah Covid-19

By Bayarin I 24 April 2020 I

Pada saat ini wabah virus corona atau covid-19 ini tidak hanyak berdampak pada kesehatan namun lambat laun juga sangat mempengaruhi ekonomi dan penjualan pada bidang apapun. Dengan demikian kita harus memiliki strategi baru dalam menghadapi situasi seperti ini. Bukan hanya pedagang kecil saja namun perusahaan – perusahaan bersar pun sudah terkena dampaknya. Saat ini masing – masing masyarakat dihimbau untuk selalu berada di dalam rumah mereka masing – masing. Sekolah, bekerja, bahkan sampai beribadah pun dihimbau untuk dilakukan di dalam rumah masing – masing guna dalam memutus rantai penyebaran covid-19. Virus ini dapat menyebar dengan mudahnya melalui cairan saat kita batuk atau bersin, bahkan virus ini dapat bertahan pada permukaan benda selama 6 jam. Oleh karena itu masyarakat banyak dihimbau untuk diam dirumah saja jika tidak memiliki kepentingan apapun.

Perilaku masyarakat yang berubah dari membeli barang langsung ke tempatnya sekarang berubah drastis. Berbelanja pun semuanya menjadi online dan menggunakan jasa kurir. Perubahan perilaku masyarakat terhadap pola pembelian barang berubah karena situasi yang saat ini belum kondusif. Bagi pemilik warung mungkin dampaknya akan sangat terasa ketika banyak warga yang berkurang membeli barang. Kami memiliki beberapa tips dalam strategi penjualan di era wabah seperti ini yang akan di prediksi sampai 3 bulan kedepan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan dalam strategi berjualan saat wabah covid-19 ini:

1. Membuat atau ikut dalam grup Whatsapp antar kelurahan/desa

Dengan anda membuat atau ikut dalam grup tersebut anda dapat menginformasikan dan mendapatkan informasi apa yang mereka butuhkan ketika mereka tidak bisa keluar rumah. Misalkan biasanya orang akan membeli bahan pokok ke warung, maka anda dapat membuat promosi dengan memberikan layanan antar belanja ke rumah masing-masing. Atau anda juga dapat memberikan promo berupa bagi siapa saja yang ingin melakukan pembayaran tagihan bisa langsunh hubungi Whatsapp pribadi anda. Beritahukan juga ada produk digital apa saja yang ada di anda dan gunakan pembayaran online untuk transaksi tersebut.

2. Menjual barang yang sedang dibutuhkan saat ini

Untuk menyiasati  penurunan penghasilan, anda juga dapat menjual berbagai kebutuhan masyarakat yang sedang tinggi seperti masker kain, disinfektan, atau handsanitizer. Jika barang-barang tersebut sulit di dapatkan maka anda bisa memberikan informasi kepada tim bayarin, agar kami bisa mensupply barang tersebut. Dengan berjualan barang tersebut diharapkan dapat membantu penghasilan tambahan. Anda juga dapat menjualnya melalui media sosial. Seperti yang dihimbau pemeritah untuk wajib menggunkan masker saat keluar rumah, maka anda juga dapat memberikan edukasi tentang wajibnya penggunaan masker. Setelah itu juga alat pembersih atau alat kesehatan lainnya juga dapat anda pajang di warung anda jika anda memiliki warung atau menjualnya di media sosial.

3. Aktif di sosial media

Untuk apa aktif di sosial media? Bagi anda yang memiliki teman-teman di sosial media. Anda juga dapat memanfaatkan sosial media tersebut untuk berjualan. Sehingga beberapa teman anda atau orang lain dapat mengetahui apa saja yang anda jual. Gunakan juga fitur marketplace di facebook agar orang lain yang anda tidak kenal tahu produk anda. Lalu buatlah konten-konten yang menarik untuk dibagiakan orang lain sehingga orang tersebut akan mengunjung profil anda. Gunakanlah latar belakang polos atau putih untung memfoto barang yang akan anda jual di media sosial karena pada media sosial hal yang terpenting adalah foto tersebut harus terlihat bagus. Atau jika anda tidak bisa memfotonya anda juga dapat meminta foto barang tersebut dari suplier anda.

4. Inovasi pada produk

Dengan keadaan seperti ini orang-orang sedang menghindari keramaian dan mereka sendang berada di rumahnya masing-masing. Maka kita semua harus mulai memikirkan invoasi pada produk agar produk dagangan anda dapat dibeli dan dikirimkan menuju rumah masing-masing. Beberapa toko di perkotaan sudah menerapkan hal tersebut. Misalnya tukang sayur komplek membuat paket untuk warga agar bisa dibeli sesuai keperluan dan menggunakan grup whatsapp untuk  memesan sayur. Paket – paket tersebut juga bervariasi ada paket sayur sop, lodeh, dan sabagainya. Di era seperti ini kita harus pintar dalam menjual barang kita yang sebelumnya tidak bisa dibeli saat era seperti ini agar mereka bisa tetao membeli produk kita.

5. Menjual di berbagai media sosial

Hampir semua masyarakat indonesia sekarang memiliki jaringan internet dan media sosial. Anda dapat memanfaatkan fasilitas tersebut secara gratis sebagai media promosi. Selain anda menggunakan whatsapp, facebook, atau media sosial lainnya anda juga harus mencoba berbagai tempat pada media sosial untuk berjualan. Misalnya saja pada satu akun facebook anda bisa menyimpan atau mempromosikan barang/jasa anda selain di beranda, seperti pada market place, grup – grup yang mungkin itu menjadi calon konsumen anda, atau juga bisa di halaman penggemar. Lalu anda juga dapat menggunakan media e-commers seperti bukalapak, tokopedia, lazada, olx, dan sebagainya. Anda hanya cukup mendaftarkan diri anda saja maka anda sudah bisa berjualan online. 

Yang terpenting adalah anda tetao bisa menjalanjan bisnis anda dari rumah untuk era saat ini. Dengan berubahnya pola pembelian dari sebelumnya maka kita harus cepat berpikir dan segera menerapkannya. Dengan orang – orang dirumah kekuatan penjualan online menjadi lebih besar dan masyarakatpun sudah mulai teredukasi untuk belanja apapun dari rumah. Ini merupakan kesempatan untuk anda membuat promosi besar – besaran melaui internet. Pembayaran semua menggunakan metode online, sehingga anda juga harus mempersiapkan hal tersebut. Seperti pembayaran tagihan listrik,pdam, dan sebagainya yang bisa dilakukan dengan satu aplikasi Bayarin anda juga dapat menghemat pengeluaran atau bahkan membuka jasa pembayaran tersebut untuk anda dan orang lain. Pembayaran yang mudah dilakukan untuk tagihan-tagihan dilakukan secara aman dengan mengisi saldo Bayarin. Pendaftaran pun dilakukan dengan mudah cukup download aplikasi Kios Bayarin di appstore pada link ini Download maka anda sudah bisa bayar tagihan dan mulai berbisnis dari rumah. Yuk coba sekarang!

Share This Post

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Related Post