Business man Accounting Calculating Cost Economic budget investment and saving concept

Tips Mengelola Keuangan

By Bayarin I 31 Januari 2020 I

Pada tahun ini siapa aja nih yang ga pengen boros? Pasti suka kesel kan kalo kita tiba – tiba beli barang yang ga penting. Udah gitu ingetnya waktu liat rekening tabungan. Banyak hal yang bisa lakukan dalam mengelola keungan. Dengan mengetahui apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan adalah sebuah hal kecil dalam mengelola keuangan. Mengelola keuangan memang tidak mudah terkadang kita lupa dan tidak tahan untuk membeli barang yang kita idam – idam kan dengan tidak peduli pada tabungan kita.

Mengatur keuangan tidak hanya mengatur uang masuk dan keluar saja namun juga agar keduanya seimbang. Kita juga perlu mengetahui pengeluaran jangka pendek dan jangka panjang seperti kebutuhan dalam membayar pajak, asuransi, biaya pernikahan hingga biaya lainnya. Selanjutnya juga kita harus mencoba untuk hidup hemat.

Oleh karena itu kita mau kasih beberapa tips nih dalam mengelola keuangan diantaranya:

1. Mengatur Gaji dengan Membuat Tabungan yang Berbeda

Dengan kita mengatur gaji dan memisahkan mana tabungan untuk kebutuhan sehari hari, tabungan dan investasi, dan dana hiburan. Dengan membagi gaji pada tabungan yang berbeda akan lebih mudah kita mengetahui riwayat pengeluaran dan pemasukan kita.

Membagi gaji dengan presentase 50-20-30 menjadi hal yang sederhana namun jarang dilakukan banyak orang. Dengan memisahkan 50% gaji anda untuk kebutuhan sehari – hari seperti makan, bensin, membayar tagihan listrik, tagihan pdam, internet dan lainnya. Dengan membuat tabungan yang berbeda maka kita akan lebih berhati – hati atau malah enggan untuk mengeluarkan dana dari tabungan yang tidak seharusnya.

Lalu dengan menabungkan 20% gaji untuk tabungan dan investasi. Dana pada tabungan ini digunakan untuk kebutuhan jika di suatu hari nanti anda sakit, kendaraan anda rusak, atau hal tidak terduga lainnya. Yang lebih penting lagi dana ini digunakan untuk berinvestasi pada bidang apapun, mau itu seperti reksa dana atau produk finansial lainnya. Sebisa mungkin dana itu tidak boleh diganggu karena untuk keperluang di masa yang akan datang.

Jika kamu mempunyai hobi liburan atau hobi lainnya yang terkadang tidak bisa tertahankan untuk mengeluarkan uang tersebut. Membuat tabungan untuk hali ini menjadi penting. Sehingga jika nanti pada saat awal bulan anda tidak akan memaksakan untuk membeli barang atau liburan dengan budget yang berlebih. Namun jika dirasa presentase ini terlalu besar anda dapat mengaturnya sesuai dengan keinginan anda misal untuk membuka rekening khusus dana investasi.

2. Mempunyai Gambaran Diri pada Usia Tua

Apakah anda pernah membayangkan diri anda bagaiman saat di usia tua nanti? Hari ini mungkin anda masih bisa bekerja. Tetapi kita tidak pernah tau di masa kehidupan yang akan datang. Apakah anda masih ingin bekerja pada usia tua nanti? Atau anda ingin menikmati masa hidup anda dengan cucu – cucu anda. Maka kita harus selalu mengingat bahwa kita akan berada pada usia senja. Mulai bisnis sekecil mungkin, dan mulai juga dalam berinvestasi terhadap apapun. 

Mempunyai cita – cita bebas finansial pada usia senja tidaklah mustahil. Dengan giatnya kita berusaha dan selalu hemat dalam hidup kita bisa menggapai mimpi untuk bebas finansial pada masa tersebut. Coba anda bayangkan di umur yang tak muda lagi anda sudah punya rumah, kendaraan, dapat menyekolahkan anak,  semua terlindungi asuransi, dan ada usaha di hari tua. 

3. Membuat Anggaran Bulanan

Buatlah anggaran bulanan untuk kebutuhan perbulan. Seperti anggaran kebutuhan primer untuk makan, transportasi, tagihan listrik, tagihan air, cicilan rumah dan lainnya. Sedangkan untuk kebutuhan tersier seperti pada poin sebelumnnya buatlah anggaran untuk liburan, hobi anda. 
Lalu mulai lah mencatat pengeluaran harian anda. Dengan seperti itu anda akan mengetahui riwayat keuangan anda perhari. Selanjutnya ada dapat melakukan perbandingan apakah pengeluaran anda sesuai dengan perencanaan atau tidak.

 

4. Mulailah Bisnis Sedini Mungkin

Sebelum anda memutuskan untuk pensiun ada baiknya anda mulai memikirkan mempunyai bisnis yang dapat dijalankan. Idealnya 3 tahun sebelum anda pensiun anda memulai bisnis yang bisa dijalankan. Salah satunya dengan menjadi agen pembayaran online seperti Bayarin. Bisnis ini dapat dijalankan hanya menggunakan aplikasi saja. Setiap harinya pasti akan selalu ada yang membayar tagihan listrik, tagihan air, internet, pulsa dan lainnya. Anda bisa mendapatkan pemasukan lain dengan menjadi agen Bayarin. 

Anda juga dapat mengajak dan memeberitahukan teman – teman anda agar dapat keuntungan dengan menjadi agen Bayarin. Dengan mudahnya biaya admin yang anda dapat pilih sendiri. Daftarnya pun mudah bisa melalui halaman web dengan klik tombol ini Daftar atau pada aplikasi Bayarin di android dengan klik tombol ini Download Aplikasi

Dengan selalu percaya terhadap diri sendiri atas usaha yang anda berikan. Menjadi tenang dan bebas di usia tua tidak akan menjadi hal yang tidak mungkin untuk anda. Selalu membiasakan diri dalam mematuhi peraturan yang anda buat adalah kunci dalam mengatur keuangan. Menggunakan dengan bijak uang anda dan selalu mencoba segala peluang dalam usaha merupakah suatu hal yang baik dilakukan untuk menyambut hari tua. 

 

 

Share This Post

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Related Post