Tips menjaga kesehatan saat puasa dan pandemi

By Bayarin I 2 Mei 2020 I

Saat puasa tubuh kita akan kekurangan cairan yang lumayan banyak. Sehingga badan jadi agak sedikit lemas dan dalam keadaan seperti sekarang, sudah seharusnya kita juga menjaga kesehatan. Bagi orang yang belum terbiasa mungkin akan berat jika berpuasa sambil melakukan aktifitas, apalagi dengan berolahraga untuk menjaga kesehatan kita. Lalu tidak hanya itu pola tidur, pola makan, pola olahraga dan pola aktivitas pun jadi berubah saat bepuasa yang mengakibatkan tubuh kita menjadi lemas. Sehingga kita harus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Beberapa pola tersebut yang tiba – tiba berubah harus diimbangi dengan menjaga asupan makanan yang masuk kedalam tubuh kita. 

Berikut adalah beberapa tips dalam menjagan kesehataan saat berpuasa dan pandemi:

1. Tidur yang cukup

Selama berpuasa pastinya pola tidur kita akan berubah dikarena kita harus bangun lebih awal untuk makan sahur. Oleh karena itu pastinya hal tersebut dapat mempengaruhi waktu tidur kamu yang dapat menyebabkan tubuh lemas. Maka kita harus dapat memperhitungkan dan memanfaatkan waktu dengan sebaik – baiknya untuk tidur. Waktu yang di anjurkan untuk tidur adalah 6 – 8 jam per hari. Jadi anda bisa mengatur waktu untuk tidur lebih awal.

2. Penuhi asupan gizi

Jangan sepelekan sahur, pada saat berpuasa anda tidak bisa makan dan minum pada siang hari sehingga anda harus mempersiapkan gizi yang cukup untuk aktivitas satu hari penuh. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup agar kenyang lebih lama. Makan karbohidrat dengan cukup tidak berlebihan dan dianjurkan mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum, singkong, dan ubi. Lalu jangan lupa untuk minum air putih yang banyak agar tidak dehidrasi saat berpuasa. Dengan asupan yang cukup juga dapat menambah daya tahan tubuh kita. Perbanyak juga meminum jamu dan vitamin. Banyak mengkonsumsi buah juga dapat membantu dalam menyediakan vitamin c dan zat lainnya yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Jangan lupa untuk berolahraga

Pilihlah jenis olahraga yang ringan agar tidak terlalu menguas energi terlalu banyak, seperti push up, jogging kecil, yoga dan lainnya. Waktui olahraga yang dianjurkan adalah 30 – 60 menjelang berbuka. Sehingga ketika tubuh kehilangan cairan maka akan lebih aman ketika menuju jam berbuka. Olahraga yang dianjurkan ketika pandemi seperti ini adalah olahraga yang dapat dengan mudah dilakukan di rumah. Jangan memaksakan untuk berolahraga keluar rumah seperti bersepedah dan berlari keliling komplek. Di khawatirkan saat anda berolahraga di luar ruangan virus corona yang dapat menyebar sementara lewat udara terhirup oleh anda jika ada orang yang berolahraga juga ternyata mengidap corona.

4. Makan makanan yang tidak berminyak berlebih

Mengkonsumsi minyak berlebihan dapat menyebabkan pengendapan di tubuh yang mengakibatkan tersumbatnya peredaran darah. Konsumsi lemak sehat seperti dari minyak zaitun, salmon dan buah alpukat. Lemak sehat dapat membantu dalam meningkatkan resposns imun tubuh dengan mengurangi peradangan.

5. Kendalikan stress

Beberapa orang mengira bahwa tidak mengira stres sebenarnya sangat berkaitan dengan imun tubuh kita. Misalnya stres dengan jangka panjang dapat memicu ketidakseimbangan fungsi sel imun, serta memancing peradangan. Ada banyak cara dalam mengendalikan stres, yaitu dengan melakukan meditasi, berolahraga ringan, dan menjalankan aktivitas yang positif selama di rumah. Jangan lupa untuk senantiasa terhubung dengan keluarga dan teman – teman anda secara virtual agar tetap kehidupan sosial dan emosi kita terjaga.

Menjaga kesehatan ditengah puasa dan pandemi seperti ini menjadi sangat penting bagi kita semua. Semoga semua dijauhkan dari penyakit dan disehatkan yang sedang sakit. Selalu jaga kesehatan kalian ya! Selalu cuci tangan setelah bertransaksi dimanpun. Sebisa mungkin lakukan aktifitas di rumah dan melakukan aktifitas dalam memenuhi kebutuhan secara online. Dengan tetap di rumah kalian turun membantu dalam menekan angka penyebaran covid-19 ini. Lakukan pembayaran apapun secara online seperti pada aplikasi Bayarin. Tidak hanya itu dengan memakai aplikasi bayarin maka anda juga dapat berhemat dengan cashback yang diberikan. Yuk download dan bayar secara online oleh aplikasi Bayari dengan di rumah aja. Download Sekarang!

Share This Post

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Related Post